Sering Lewat Tanjakan Gombel, Semarang? Ini Penunggunya

Jika Anda memasuki Kota Semarang dari arah Selatan, maka Anda akan melewati Tanjakan “Gombel“. Nama “Gombel” menurut sejarah muncul saat Kiai Pandan Aran berziarah di sebuah makam di Gunung Jabalkat. Tokoh yang kini namanya diabadikan untuk sebuah jalan protokol di Kota Semarang itu saat berziarah melewati tanjakan terjal dan curam.

Tanjakan gombel adalah jalanan yang paling misterius di Semarang. Kalau anda masuk ke kota Semarang dari arah selatan, pasti anda akan bertemu dengan jalan tanjakan Gombel ini. Sebenarnya area jalanan ini merupakan sebuah tempat yang memiliki pemandangan yang sangat indah menghadap ke arah laut di sebelah utara sekaligus pemandangan landscape kota Semarang menjadi daya tarik pembangunan permukiman di Gombel.

tanjakan-3

source : http://hello-pet.com/menarik-2/82948

Sejarah Tanjakan Gombel

Sampai sekarang masih belum diketahui kenapa tanjakan itu disebut dengan tanjakan gombel. Seorang Doktor Belanda, Dr.W.T.de Vogel mengusulkan pada pemerintah Belanda untuk mengembangkan daerah Semarang Selatan. Sebab, saat itu pengembangan Kota Semarang oleh Belanda hanya bagian utara dan sekitarnya. Sedangkan daerah selatan adalah daerah perbukitan yang kurang terjamah.

Masyarakat asli Tionghoa semarang menentang rencana itu, karena tadinya tempat itu adalah wilayah Gunung Jabalkat yang dipakai sebagai kuburan. Hingga akhirnya diusulkan lah kuburan di sekitar tanjakan itu, dan akhirnya dipilihlah kawasan kedungmundu.

Sebagai gantinya, di tempat ini dibangunlah perumahan di tahun 1920an dengan menyesuaikan kondisi alam yang berbukit. Pemandangan yang bagus dipilih karena view yang indah dan menghadap ke arah laut serta landscape kota semarang yang menjadi daya tarik pembangunan pemukiman Gombel

Wewe Gombel Penunggu Tanjakan Gombel

Tapi ternyata menurut website ini (hello-pet.com) tempat ini terkenal banyak mitos yang berkembang di masyarakat bahwa masalah-masalah yang terjadi di kawasan Gombel berkaitan dengan hal gaib. Penduduk setempat percaya bahwa ada Wewe Gombel (hantu perempuan) dan makhluk lainya penunggu bukit.

wewe_konten

source : http://hello-pet.com/menarik-2/82948

Penduduk sekitar gombel percaya kalau tingginya angka kecelakaan di tempat ini karena adanya makhluk gaib yang menunggui daerah ini. Konon, di tanjakan Gombel ini sering terlihat hantu Wewe yang menggoda pengemudi kendaraan yang melintas.

Wewe Gombel sendiri berupa hantu perempuan yang suka menculi anak anak, tapi dia tidak akan mencelakainya.. Biasanya yang diculik adalah anak anak yang terabaikan oleh orang tuanya, dan saat orang tuanya sadar, maka anak itu akan dikembalikan lagi.

Konon wewe gombel ini mempunyai ciri khas, yaitu bentuk buah dadanya yang besar dan menjumpai seperti buah pepaya. Kabar lain mengatakan bahwa anak-anak yang diculik oleh wewe gombel akan diberi makan kotoran manusia. Jika si anak tidak mau, maka terpaksa si anak akan suapin secara paksa.

dsc_02291

source : http://hello-pet.com/menarik-2/82948

Mitos Tanjakan Gombel

Wah ternyata ngeri juga ya, apa mitos wewe gombel ini ya yang menyebabkan banyaknya angka kecelakaan di tempat ini dan salah satu hal yang menyebabkan tutupnya sebuah hotel di kawasan yang terkenal disana Hotel Sky Garden. Karena para tamu yang sempat menginap disana sempat mengungkapkan kalau mereka sering diganggu penampakan penampakan aneh di sekitar tempat mereka menginap.

Selain itu, di perbukitan Gombel juga terdapat bekas kuburan China. Kuburan tersebut terletak di tengah hutan yang ada di Gombel. Bukti pernah adanya kuburan di sana adalah terdapat inskripsi (batu nisan) sekitar 30 cm x 40 cm yang didirikan untuk menenangkan arwah korban kecelakaan massal rombongan pengantin dari Solo yang terjadi pada tahun 1960-an.

Selain itu, didekat batu nisan itu juga terdapat Mata Air Pengantin atau orang Jawa sering menyebutnya sebagai Sendang Pengantin. Jika sepasang rombongan pengantin akan melewati wilayah perbukitan Gombel ini harus menyembelih ayam putih mulus atau melempar uang receh supaya rombongan pengantin tidak kecelakaan dan selamat sampai tujuan.

Tapi banyaknya cerita mistis tetap tidak mengurangi keindahan tempat ini loh. udah pernah kesana?

source : http://hello-pet.com

Leave a Reply